TRANSFORMASI PENDIDIKAN: REVITALISASI METODE BELAJAR DI ERA DIGITAL UNTUK GENERASI Z
Main Article Content
Abstract
Abstrak. Kemajuan zaman yang memungkinkan terjadinya perkembangan pada ilmu pengetahuan serta teknologi memberikan pola baru yang sangat signifikan pada pelaksanaan kehidupan manusia. Dimana manusia dapat mengakses berbagai informasi yang diinginkan dalam waktu yang sangat singkat, melakukan komunikasi dengan individu lain tanpa terbatas oleh jarak dan waktu. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis strategi untuk meningkatkan keterlibatan siswa melalui metode pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan era digital. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penrikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah Pembelajaran Interaktif dan Visual karena pembelajaran ini siswa berinteraksi langsung, memfasilitasi pemahaman yang lebih mendalam, dan mendorong keterlibatan aktif dalam proses belajar, Peran Guru sebagai Fasilitator Teknologi dalam pembelajaran ini Guru tidak hanya mempersiapkan siswa untuk menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif, tetapi juga meningkatkan kualitas pembelajaran secara keseluruhan dan Pembelajaran Kolaboratif yang Memotivasi pembelajaran kolaborasi juga memfasilitasi pengembangan keterampilan sosial yang penting seperti komunikasi, kerja sama tim, dan kepemimpinan. Pembelajaran kolaboratif yang dirancang dengan baik dapat menciptakan lingkungan belajar yang positif dan produktif, di mana siswa merasa lebih terhubung dengan materi pelajaran dan dengan teman-teman sekelasnya.