Kepuasan Kerja: Kepemimpinan Transformasional Dan Kinerja Karyawan Hotel Dikabupaten Wakatobi
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian adalah menguji variabel kepemimpinan transformasional dan kepuasan kerja serta kinerja staf, pengaruh kinerja karyawan terhadap kepuasan kerja terhadap karyawan hotel di Kabupaten Wakatobi. Metode penelitian yaitu kuantitaif, sampel dalam penelitian ini sebanyak 57 respondent dan teknik pegnumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner kemudian data dianalisis menggunakan spss 26. Hasil uji Berdasarkan Nilai Fhitung lebih besar dari Ftabel yaitu 0.125 < 0.39 dan nilai signifikasi lebih besar dari pada alpha, yaitu 0,001<0,005. Ini mengindikasi secara simultan bahwa variabel Kepemimpinan transformasional (X1), Kinerja Karyawan (X2) tidak memiliki pengaruh Positf terhadap Variabel Kepuasan Kerja (Y) pada pegawai hotel yang ada dikabupaten wakatobi, Diperoleh Nilai R2 (Rsquare) Sebesar -.039 atau 39% menunjukan bahwa Kepemimpinan transformasional (X1), Kinerja (X2) berkontribusi hanya sebesar 39 % terhadap variabel Kepuasan Ketja (Y) sisanya sebesar 61% dijelaskan dipengaruhi oleh variabel lain Hasil penelitian menunjukan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh negatif terhadap kepuasan, kepemimpinan transformasional berpengaruh negatif terhadap kinerja, dan kinerja karyawan berpengaruh negatif terhadap kepuasan.