Mengevaluasi Peran Celebrity Endorsement, Live Streaming Dan E-Wom Terhadap Perilaku Belanja Online Pada Generasi Z
Main Article Content
Abstract
Penggunaan media sosial yang luas di kalangan Gen-Z telah mempengaruhi banyak aspek dalam kehidupan mereka termasuk kebiasaan belanja online. Tren belanja online telah membuat persaingan bisnis makin ketat serta kompetitif. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi peran Celebrity Endorsement, Electronic Word of Mouth (e-WOM), Live Streaming pada perilaku belanja online pada Gen-Z. Selain itu, menguji faktor memengaruhi preferensi platform, pola konsumsi, dan keputusan pembelian. Jenis studi memanfaatkan metode kuantitatif, juga menggunakan penelitian deskriptif. Kuesioner online digunakan dalam mengambil 158 data dari konsumen Gen Z di Indonesia. Pendekatan olah data memanfaatkan Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM) 4.1.0.9 digunakan untuk mengevaluasi data dan menguji hipotesis. Metode analisis PLS-SEM menunjukkan bahwa Celebrity Endorsement, Live Streaming, Electronic Word of Mouth (e-WOM) mempunyai dampak signifikan pada perilaku belanja online Gen-Z pada Gen-Z. Makalah penelitian ini menawarkan rekomendasi yang bermanfaat bagi bisnis online tentang bagaimana memanfaatkan peran dukungan selebriti, menggunakan platform live streaming dan pentingnya E-WOM untuk promosi yang ditargetkan untuk mendorong perilaku belanja online pada generasi z untuk melakukan pembelian.
Kata Kunci: Dukungan Selebrity, Siaran Langsung, e-WOM, Gen Z