Pengaruh Kualitas Layanan dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Sektor Pariwisata

Main Article Content

Fuji Santoso
Faisol Faisol
Septian Eko Haryansyah

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan dan inovasi produk terhadap kepuasan pelanggan serta dampaknya dalam meningkatkan daya saing UMKM di sektor pariwisata. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan pendekatan survei pada UMKM di daerah wisata Pulau Desa Mandangin, Kabupaten Sampang. Data diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan dan inovasi produk secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan, yang pada gilirannya meningkatkan daya saing UMKM. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memberikan rekomendasi strategi pemasaran dan inovasi bagi UMKM di sektor pariwisata.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Santoso, F., Faisol, F., & Haryansyah, S. E. (2025). Pengaruh Kualitas Layanan dan Inovasi Produk terhadap Kepuasan Pelanggan dalam Meningkatkan Daya Saing UMKM di Sektor Pariwisata. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(6), 3367–3375. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i6.2543
Section
Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.