Pengaruh Digital Payment, Pendapatan, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa

Main Article Content

Indah Geovani Butar Butar
Artie Arditha Rachman
Nurmala

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh digital payment, pendapatan, dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa di Politeknik Negeri Lampung. Variabel independen dalam penelitian ini adalah digital payment, pendapatan, dan literasi keuangan. Sedangkan variabel dependen pada penelitian ini adalah perilaku konsumtif mahasiswa. Penelitian ini diolah dengan menggunakan alat uji SPSS Versi 26. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel menggunakan rumus krejcie dan morgan dan didapat jumlah sampel sebanyak 387 data. Penelitian kuantitatif merupakan metode yang digunakan untuk menginvestigasi populasi atau sampel tertentu dengan mengumpulkan data melalui alat penelitian yang terstruktur.  Hasil penelitian secara parsial variabel digital payment berpengaruh terhadap perlaku konsumtif mahasiswa. Selanjutnya variabel pendapatan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Terakhir, variabel literasi keuangan berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Kemudian hasil penelitian secara simultan variabel digital payment, pendapatan, dan literasi keuangan secara bersama-sama berpengaruh terhadap perilaku konsumtif mahasiwa.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Geovani Butar Butar, I., Rachman, A. A., & Nurmala, N. (2024). Pengaruh Digital Payment, Pendapatan, Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Indo-Fintech Intellectuals: Journal of Economics and Business, 4(6), 3021–3035. https://doi.org/10.54373/ifijeb.v4i6.2423
Section
Articles

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.