Pengaruh Kepercayaan, Literasi Keuangan Dan Fitur Layanan Terhadap Minat Penggunaan Dompet Digital Dana
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kepercayaan, literasi keuangan, dan fitur layanan terhadap minat penggunaan dompet digital Dana di kalangan mahasiswa Universitas Bina Insan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan analisis data SPSS versi 27, penelitian ini melibatkan 95 mahasiswa sebagai sampel yang dihitung menggunakan rumus Slovin dengan tingkat kesalahan 10%. Data diperoleh melalui kuesioner digital yang disebarkan secara daring dan luring. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan tidak berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan dompet digital Dana, dengan t hitung 1,394 lebih kecil dari t tabel 1,983. Sebaliknya, literasi keuangan terbukti memiliki pengaruh signifikan terhadap minat penggunaan dengan t hitung 27,663 yang lebih besar dari t tabel 1,983. Fitur layanan juga menunjukkan pengaruh signifikan terhadap minat penggunaan dengan t hitung 7,573 yang lebih besar dari t tabel 1,983. Secara simultan, ketiga variabel ini berpengaruh signifikan terhadap minat penggunaan dompet digital Dana, dengan F-hitung 251,848 yang lebih besar dari F-tabel 2,69 dan nilai signifikansi 0,000 yang lebih kecil dari 0,05. Penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan dan fitur layanan lebih mempengaruhi minat penggunaan dompet digital dibandingkan kepercayaan