PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR TERHADAP KESULITAN BELAJAR SISWA KELAS X MAN TAPSEL LOKASI BUNGA BONDAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) gambaran penerapan kurikulum merdeka belajar di kelas X Man Tapanuli Selatan Lokasi Bunga Bondar, 2) gambaran kesulitan belajar siswa kelas X Man Tapanuli Selatan Lokasi Bunga Bondar, 3) untuk melihat pengaruh yang signifikan antara penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap kesulitan belajar siswa kelas X Man Tapsel Lokasi Bunga Bondar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan populasi seluruh kelas X Man Tapanuli Selatan Lokasi Bunga Bondar dan sampel sebanyak 44 siswa. Pengolahan data dilakukan dengan teknik analisis korelasi produk moment, uji T, uji koefisien determinasi yang didukung dengan menggunakan SPSS versi 29. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa gambaran penerapan kurikulum merdeka diperoleh nilai rata-rata (mean) dengan nilai 66,57 masuk pada kategori baik. Gambaran kesulitan belajar diperoleh nilai rata-rata (mean) dengan nilai 60,05 masuk pada kategori cukup baik. Berdasarkan pengolahan data dengan menggunakan SPSS versi 29, maka dapat diperoleh nilai t-hitung (5,528) > t-tabel (1,628) dengan nilai signifikan 0,000 pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5%. Dengan demikian maka dapat diketahui nilai signifikan lebih kecil dari = 0,05 (0,000<0,05), artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan kurikulum merdeka belajar terhadap kesulitan belajar siswa kelas X Man Tapsel Lokasi Bunga Bondar.