Self Efficacy Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika pada Siswa
Main Article Content
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematika berperan penting dalam penyelesaian masalah sehari-hari. Kepercayaan ini atau self efficacy menjadi faktor penting dalam penyelesaikan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII C dengan jumlah sampel sebanyak 22 siswa. Penelitian ini merupakan peneliitian korelasional dengan instrumen tes dan non-tes. Instrument tes digunakan untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Instrument non-tes berupa angket digunakan untuk mengukur self efficacy siswa. Berdasarkan hasil analisis regresi dengan menggunakan SPSS diketahui persamaan regresi Y= 6,034 + 0,677X, persamaan ini linear dan signifikan. Pada table coefisien regresi peroleh sebesar 0,027 dimana itu maka ditolak dan diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara self efficacy terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Sewon.