Analysis of Learning Obstacle on Circle Material at SMPS Nasional Amanah Bangsa

Main Article Content

Rahma Maliana
Hafsah Adha Diana

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menganalisis learning obstacle yang dialami oleh siswa SMPS Nasional Amanah Bangsa pada materi lingkaran. Jenis learning obstacle yang diidentifikasi yaitu epistimological obstacle, ontogenic obstacle, dan didactic obstacle. Metode penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif. Sampel penelitian yaitu 3 orang siswa kelas IX yang sudah mempelajari lingkaran dengan kategori kemampuan rendah, sedang, dan tinggi. Sampel penelitian dipilih berdasarkan pengkategorian kemampuan siswa berdasarkan hasil PAS dan rekomendasi guru mata pelajaran. Instrumen penelitian yaitu tes tertulis learning obstacle, wawancara siswa, wawancara guru, analisis bahan ajar, dan analisis RPP. Hasil penelitian diperoleh siswa mengalami epistimological obstacle, ontogenic obstacle, dan didactic obstacle pada materi lingkaran.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Maliana, R., & Diana, H. A. (2022). Analysis of Learning Obstacle on Circle Material at SMPS Nasional Amanah Bangsa. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.54373/imeij.v3i1.29
Section
Articles

Similar Articles

<< < 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.